Selamat datang di Biro Perjalanan Umroh

Hijir Ismail

Senin, 10 Desember 20120 komentar

Biro Perjalanan Umroh- Hijir Ismail adalah sebidang tanah berbentuk setengah lingkaran yang terletak di sebelah utara Ka’bah. Bagian dari dalam Hijir Ismail berbatasan langsung dengan dinding Ka’bah antara Rukun Syami (Syam) dan Rukun Iraqi. Hijir Ismail sering dijadikan sebagi tempat shalat dan memunajatkan do’a kepada Allah SWT karena diyakini sebagai salah satu tempat yang mustajab.

Hijir Ismail dulunya masuk ke dalam bangunan Ka’bah, keluarnya Hijir Ismail dari bangunan Ka’bah terjadi ketika diadakan pemugaran Ka’bah pada tahun ke lima sebelum Nabi Muhammad SAW diangkat Rosul. Ketika itu, kaum Quraisy kekurangan dana untuk memugar Ka’bah. Karena itu, diputuskan untuk mengurangi bagian sisi utara dari Ka’bah yang kemudian dikenal dengan nama Hijir Ismail.

Abbas Kararah menyebutkan asal-usul nama Hijir Ismail karena tanah itu sengaja disediakan oleh Nabi Ibrahim AS untuk putranya, Ismail AS . Di tanah itu ditanam pohon arak yang dahannya dapat digunakan untuk bersiwak (mengosok gigi). Pohon itu juga, berfungsi sebagai tempat berlindung bagi Nabi Ismail dan domba yang digembalakannya. Diriwayatkan pula bahwa di tanah itu dibangun fondasi rumah keluarga Nabi Ibrahim dan pekuburan keluarga mereka. Nabi Ibrahim dimakamkan di tanah tersebut, di samping makam ibunya, Siti Hajar.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Biro Perjalanan Umroh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger