Selamat datang di Biro Perjalanan Umroh

Arti Masyair Muqaddas

Rabu, 24 Oktober 20120 komentar

Tanya: 
Assalamualaikum wr wb. Ustadz, apakah artinya Masyair Muqaddas? Benarkah jamaah haji wajib mengunjungi tempat tersebut? (Hassanudin, Cibitung, Bekasi)

Jawab :
Masyair Muqaddas adalah tempat-tempat suci, seperti Mina, Muzdalifah, dan Arafah. Jamaah haji mesti mengunjungi tempat tersebut karena ritual ibadah haji yang mesti dilaksanakan ditempat tersebut. 
Mina sering 
disebut “Muna” adalah bentuk dari jamak dari “al-munyah” yang berarti keinginan atau harapan. Arti lain dari kata Mina adalah mengucurkan darah. Mina adalah jalan lembah yang disinggahi oleh jamaah haji untuk melempar jumrah. Dinamakan Mina lantaran darah dialirkan padanya.



Ibnu al-Arabi mengatakan, orang-orang datang ke Mina dan Allah menjadikan sesuatu yang diinginkan, dia menakdirkannya, dan hal itu di namakan Mina. Ibnu Syumail mengatakan, disebut Mina karena domba jantan (kibas) disembelih di sana.



Muzdalifah, yaitu tempat jamaah haji diperintahkan untuk singgah dan bermalam setelah bertolak dari Arafah pada malam hari. Muzdalifah disebut juga dengan Jama’ (perkumpulan). Dinamakan demikian karena orang-orang yang berhaji berkumpul di sana.”



Arafah disebut juga al-Masy’aril al-Haram, al-Mas’yar al-Aqsa, dan llal ‘ala Wazn Hilal. Gunung yang terdapat di tengahnya adalah Jabal Rahmah. Dinamakan Arafah karena Jibril pernah memperlihatkan manasik kepada Ibrahim. Ibrahim lalu berkata “Araffu, araffu (aku telah tahu).” Sebab itulah dinamakna Arafah.



Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang berada di Arafah sebelum terbit fajar , niscaya telah mendapatkan haji.” Dalam riwayat yang disampaikan dari Ibnu Abbas , Rasulullah bersabda “Siapa saja yang menyaksikan shalat kami ini , lalu wukuf bersama kami hingga kami selesai , dan dia pernah melakukan wukuf sebelum itu di Arafah pada waktu malam atau siang hari , berarti telah sempurna haji dan ibadahnya.’ (HR Imam Ahmad, hadis ini dinyatkan Sahih oleh at-Tarmidzi).
Wassalamualikum wr wb.



Sumber: Republika- Ustadz Erik Yusuf
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Biro Perjalanan Umroh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger